Dialog Interaktif “Pencederaan Stress pada Kesehatan” -15 April 2018

Dialog Interaktif FELCOM ISKA – 15 April 2018
“Pencederaan Stress pada Kesehatan”

Pada hari Minggu, 15 April 2018 bertempat di Omah Pojok (Jalan Gayungsari Surabaya) telah terselenggara sebuah dialog/diskusi interaktif bertema “Pencederaan Stress pada Kesehatan”. Dialog interaktif ini sebagai kelanjutan dari kegiatan dialog interaktif FELCOM yang digelar 11 Februari 2018 pada tempat yang sama dan bersama narasumber yang sama yakni ibu Dr. dr. Inge W. Benjamin, M.Si. seorang psikolog senior dan sekaligus akademisi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Diskusi ini diawali dengan pujian pembuka Give Thanks yang mengajak semua peserta untuk mengucap syukur akan seluruh anugerah yang telah dikaruniakan oleh Tuhan sepanjang seluruh hidup dan tetap bersyukur meski menghadapi aneka pergumulan hidup.

Presentasi oleh Bu Inge mengajak peserta untuk mengetahui penyebab stress dimana stress itu bersumber dari kamus kata negatif yang terus menerus masuk ke pikiran kita apalagi seringkali kita tanpa sadar kita sudah berpikir negatif mulai dari bangun pagi, misal sudah mengeluh bahkan saat doa pun sudah mengeluh, bagaimana mungkin kita bisa tidak stress apabila yang ada di pikiran kita sudah segala yang negatif.

Bu Inge juga menjelaskan aneka dampak stress mulai dari akibat ketidak nyamanan diri kita hingga munculnya berbagai penyakit seperti imsonia, parkinson, jantung, stroke hingga kanker. Selain berdampak pada diri kita sendiri, stress juga berdampak pada hancurnya hubungan rumah tangga, hubungan dengan sesama kita bahkan dapat merugikan orang lain/ lingkungan sekitar.

Bu Inge mengajak peserta untuk mampu lepas dari stress. Kuncinya pada diri sendiri, bagaimana harus mampu berdamai dengan berbagai pergumulan/masalah yang menimpa diri kita. Kunci stress yang lain adalah tetap mengingat segala pengalaman negatif kita namun pengalaman negatif tersebut diberikan porsi kecil dalam hidup kita dan selalu optimis dalam menghadapi aneka peristiwa hidup kita.

Demikian laporan kegiatan dialog interaktif.
Team Publikasi Felcom – ISKA Surabaya.