Misa Kudus & Mini Seminar POLITIK ISKA Surabaya – 25 Februari 2018

Misa Kudus & Mini Seminar POLITIK ISKA Surabaya – 25 Februari 2018

Pada hari Minggu, 25 Februari 2018 yang lalu telah dilaksanakan Misa Kudus Rutin ISKA Surabaya yang bertempat di Kapel Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Ekaristi kudus tersebut dipersembahkan oleh RD Iswandi dan diawali tepat pada pukul 08.15 WIB.

Setelah perayaan ekaristi berakhir pada pukul 09.30, acara dilanjutkan dengan mini seminar dengan tema “Dampak Politik pada Umat Katolik Indonesia” yang bertempat di Lobby Kaca lantai 4 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Mini seminar tersebut menghadirkan narasumber Pak Dr. dr. Judajana Sp.PK.(K) dan dipandu oleh Pak dr. Peter J. Manoppo, MD., MBIO., FICS. Pak Judajana adalah putra seorang petinggi partai politik di tingkat Jawa Timur dan beliau juga aktif di kelompok kerasulan umum. Sedangkan Pak Peter adalah pengurus di kelompok kerasulan umum Kelompok Kategorial Keuskupan Surabaya.

Mini seminar ini bersifat terbuka untuk umum tidak hanya terbatas untuk ISKA Surabaya. Mini seminar ini dihadiri oleh Pak Rinus Pantouw selaku Sekretaris Umum Kelompok Kategorial Keuskupan Surabaya dan Pak Irianto selaku Koordinator Kelompok Kerasulan Umum Kelompok Kategorial Keuskupan Surabaya. Acara ini juga dihadiri oleh bebagai organisasi kemasyarakatan (ORMAS) seperti Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Kota Surabaya, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) DPD Jawa Timur, Pemuda Katolik (PK) Komcab Surabaya, AMDG Komunitas Sahabat Yesus, Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) Kota Surabaya.

Presentasi diawali dengan sejarah perjuangan dan keterlibatan orang katolik dalam berbagai aktivitas politik mulai sejak jaman Hindia Belanda kemudian terlibat dalam berbagai aktivitas pergerakan menuju Indonesia merdeka 1945. Selain itu adanya Partai Katolik pada jaman orde lama dan beberapa menteri di kabinet Presiden Soekarno juga membuktikan bahwa orang katolik dari Indonesia merdeka telah terlibat dalam berbagai kegiatan membangun negeri. Kemudian orang katolik masih terlibat di berbagai era dari orde baru hingga reformasi saat ini. Pak Judajana juga menjelaskan bagaimana kita sebagai orang katolik dapat berkontribusi dalam politik zaman now yang penuh tantangan ini. Aneka tantangan tersebut ada orang yang terjun ke politik ingin menduduki/mendapatkan kekuasaan tersebut bahkan menggunakan segala cara untuk merebut kekuasaan itu. Selain itu tantangan politik identitas dewasa ini juga menjadi tantangan bagi umat katolik yang minoritas di negeri ini. Namun kita tidak boleh takut dengan berbagai tantangan tersebut.

Diskusi kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab yang mana setiap perwakilan ormas tersebut bertanya dan berdiskusi bagaimana kita mampu menghadapi aneka tantangan politik zaman now tersebut. Acara berakhir pada pukul 11.30 dengan penyerahan sertifikat oleh Pak Rinus selaku sekretaris umum kelompok kategorial Keuskupan Surabaya kepada narasumber dan moderator yang diakhiri dengan sesi foto bersama.

Team Publikasi ISKA Surabaya – 280218

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s