Dialog Interaktif “Merawat Kesehatan secara Alami & Rohani” – 11 Februari 2018

Pada hari Minggu, 11 Februari 2018, Fellowship Community (FELCOM) ISKA Surabaya mengadakan dialog interaktif dengan tema Merawat Kesehatan secara Alami dan Rohani yang dibawakan oleh narasumber seorang dokter, psikolog senior dan akademisi dari Universitas Widya Mandala Surabaya Dr. dr. Inge W. Benjamin, M.Si. Dialog ini diadakan di Omah Pojok di Jalan Gayungsari Surabaya. Dialog ini diikuti oleh sekitar 20 orang yang berasal dari anggota Felcom dan ISKA Surabaya.

Dialog ini diawali tepat pada pukul 10.15 dengan kata sambutan oleh ketua FELCOM ISKA Surabaya Bu Gracentia Winaryati. Setelah itu dilanjutkan dengan lagu pembuka berjudul Roh Kudus Datanglah yang dipimpin oleh Bu Wina. Selanjutnya Bu Inge mulai membawakan materi nya. Beliau bercerita bahwa poin dalam merawat kesehatan itu harus kembali melihat ke alam. Secara alami, tubuh kita mempunyai jam yang secara otomatis menginformasikan kapan kita harus makan, tidur, buang air, bekerja dan lainnya. Kita tidak boleh melawan arus misal kalau lagi lapar ya makan jangan karena ingin diet kemudian meski lapar ditahan sehingga tidak makan.

Bu Inge juga mengajak peserta untuk tidak menanamkan kamus negatif dalam pikirannya namun kamus positif dalam menilai dan menjalani setiap aktivitas dalam kehidupan kita. Misal ketika kita hendak naik lift namun lift itu penuh, kita jangan mengatakan “Aduuh…” tapi kita harus meransang diri dan mengatakan “Oke ga masalah, sekarang lagi full nanti setelah ini pasti ada yang kosong”. Kita juga diharapkan tidak menyimpan memori kata yang membencikan/menjengkelkan terhadap tindakan orang lain atau terhadap hal-hal.

Bu Inge mengingatkan di tubuh kita ada banyak sel yang telah dikaruniakan sebagai tentara pelindung dan di tubuh kita ada sel kanker yang dapat sewaktu – waktu aktif di saat kita mengalami stress atau down. Oleh sebab itu, kita diajak untuk meransang sel tubuh dengan hal positif untuk menghindarkan kita dari stress yang dapat menyebabkan pertahanan sel kita kalah dengan sel kanker tersebut.

Sel Pertahanan lawan Kanker

Sel Pertahanan vs Sel Kanker

Jangan Melakukan Sesuatu secara Berlebihan

Jangan Melakukan Sesuatu secara Berlebihan

Bu Inge mengatakan bahwa poin utama dalam mencapai kebahagiaan adalah mampu berdamai dengan diri sendiri. Kita sendiri lah yang memilih aku mau hidup bahagia (suci) atau hidup penuh dengan stress. Jika kita salah dalam memilih, maka kita lah yang harus menanggung risikonya. Oleh sebab itu menggapai kebahagiaan bukan meniru apa kata orang lain atau mengikuti bagaimana orang lain supaya sehat dan bahagia tapi itu diukur oleh diri kita sendiri bagaimana kita mampu membuat hidup kita bahagia dalam segala hal. Bu Inge juga mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dalam segala hal yang kita alami dalam hidup, tempatkan masalah dalam porsi kecil dalam hidup, jadikan masalah bukan sesuatu yang besar yang dapat mencelakai hidup kita dan dengan demikian kita akan hidup bahagia.

Tempatkan Hal Positif dalam Porsi Besar

Tempatkan Hal Positif dalam Porsi Besar dan Masalah dalam Porsi Kecil

Setelah sesi ini dilanjutkan dengan sesi break time sekitar 10 menit dari jam 11.20-11.30 dengan menikmati makanan ringan yang telah dipersiapkan. Selanjutnya 11.30 dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi selama kurang lebih 20 menit an. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama dimana konsumsi makan siang yang kali ini dipersiapkan secara khusus oleh Bu Inge. Selesai makan sekitar jam 12.30 dilanjutkan dengan foto bersama, penyerahan kenang-kenangan yang dilakukan oleh Bu Gracentia Wina (ketua Felcom) didampingi oleh Bu Soesilianti (pembina Felcom) kepada Bu Inge.

Foto bersama

Foto Bersama Peserta & Panitia Dialog Interaktif bersama Bu Dr. dr. Inge W. Benjamin, M.Si.

Demikian laporan kegiatan dialog interaktif.
Team Publikasi Felcom – ISKA Surabaya.