RIP Romo Tondo

RIP Rm. JVS Tondowidjojo CM

Para Uskup, Romo, Bruder, Suster dan Saudara-saudari sekalian,
Konfrater kami, Rm. JVS Tondowidjojo CM, telah menghadap Bapa di Surga dengan tenang pada Rabu, 5 September 2018, Pkl. 05:35 WIB di RKZ St Vincentius a Paulo Surabaya. Rm. Tondo, demikian sapaan akrabnya, dirawat secara intensif sejak 31 Juli 2018 sampai dengan akhir hidupnya. Beliau menderita infeksi paru-paru serius dan beberapa gangguan kecil pada kerja jantungnya.

Kami, keluarga besar Kongregasi Misi (CM) Provinsi Indonesia, mengucapkan terima kasih atas perhatian para Uskup, Romo, Frater, Bruder, Suster dan saudara-saudari terkasih atas doa, dukungan, dan perhatian selama Romo Tondo hidup dan terutama selama beliau dirawat di rumah sakit. Semoga Tuhan membalas kebaikan Anda.

Berikut ini adalah rangkaian Upacara Seputar Kematian:

1. Rabu, 5 September 2018: Jenasah disemayamkan di Gereja Kristus Raja, Surabaya.

2. Rabu, 5 September 2018 pkl 18.00 WIB: misa arwah di Gereja Kristus Raja, Surabaya.

3. Kamis, 6 September 2018 pkl 18.00 WIB: misa arwah dan penutupan peti di Gereja Kristus Raja, Surabaya.

4. Jumat, 7 September 2018 Pkl 08.00 WIB: ibadat pemberangkatan Jenasah di Gereja Kristus Raja, Surabaya dan dimakamkan di Graha Martani Poh Sarang – Kediri

Terima kasih doa dan dukungan untuk alm. Rm. Tondo CM

Terima kasih
Rm. Sebastianus W.B, CM
Sekretaris CM Provinsi Indonesia

===============================

Wasiat dari Romo TONDO :
Tidak ada pensiun, tidak mau menikmati dengan “tengak tenguk”, tapi tetap akan mengisi hidup sampai H-1.
(sudah digenapinya)

Kenang-kenangan buat ISKA

Setelah misa ISKA tgl. 26 Sept 2010, Minggu di Univ. Widya Mandala Surabaya. Kami sempatkan merenungkan “Perjalanan suatu Pelayanan dari diri sendiri” tepatnya pada kata Fidelity atas suatu pelayanan.
Suatu kesetiaan yang memandu dan mengisi hidup kita untuk mewujudkan kata syukur kepada Tuhan atas pemeliharaan hidup kita. Terlebih kita adalah umat pilihan yang beroleh anugerah pendidikan tinggi dan menjadi orang yang berprofesi serta berkeahlian untuk kehidupan.
Refleksi kongkrit hari ini terkait juga dengan warga yang berulang tahun pada bulan September, seperti Mgr. Vincentius Sutikno, Romo Prof. Dr. KMRMT John Tondowidjojo Tondodiningrat, CM, Nyonya Lukas Widianto(Prof Lukas Pendiri ISKA),Ibu Debrina Zulkarnaen, Drs. Frans Iskandar, Ak, Ulang tahun pernikahan Ibu dan Bapak dr PY Kusuma Sp.OG dan lain lain.
Pada kesempatan syukur ini Romo Tondo berikan tanda kenangan salah satunya
kepada ISKA yang diterima ketua ISKA, Rinus Pantouw, SH, MKn, berupa repro print dari buah karya lukis pewayangan yang dilukis Romo Tondo di Novisiat CM,

=================

Homili Bapa Uskup Sutikno Wisaksono :
tgl 7-4-2013 di Paroki KR.

Romo Tondo itu, hidup dari kerja. Bangun pagi sebelum jam 04.00.WIB Jika dengan usia lewat 50 tahun, phisik mulai turun, tambah tahun ke 10 tahun jadi phisiknya turun dan lebih lemah, tapi Romo Tondo itu usianya sekarang 78 tahun masih penuh semangat bekerja.

Uskup berterima kasih kepada Tuhan yang telah memberi Romo Tondo berkat dalam peringati tanda keselamatan dalam perayaan Ultah Romo Tondo ke 50 tahun Imamat pada hari Paskah sebagai tanda cinta pokok Iman.

Isi dari hidup Yesus dalam 3,5 tahun.
Mari merayakan hari kebangkitan Tuhan dengan berdaya, dilakukan dengan kerja, tidak ada pensiun, tidak mau menikmati dengan “tengak tenguk”, tapi sebaliknya tetap akan mengisi hidup sampai H-1.

Melakukan sesuatu panggilan, seperti juga perbuatan ayah ibu mengasihi keluarga. Inilah semangat Paskah.

Sambutan Rm Tondo :
Baju yang saya pakai warna hitam ini baju pertama saya saat pelantikan sebagai Imam. Tepatnya pada tanggal 31 Maret 1934 di Gereja Collegio Brignole-Sale -Negroni, Genova.

 

About iskasurabaya09

social blog
This entry was posted in ARTIKEL and tagged , , , . Bookmark the permalink.