Tips menyetir saat banjir

Tips menyetir saat banjir

Bagi Anda yang terjebak banjir, Offroader nasional Julian Johan berbagi beberapa tips. Berikut tips mengemudi dari Julian Johan saat menerjang banjir :

 

1. Tidak perlu mengebut saat mengemudi di tempat banjir. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari cipratan air berlebih di ruangan mesin yang berpotensi membuat mobil mogok. Anda harus mengemudi dengan pelan dan tenang. Selain itu,semakin keras Anda menginjak gas, maka filter udara akan semakin kuat menyedot udara. Sehingga berpotensi menghisap air dari luar.

 

 

2. Menerjang banjir paling aman memakai gigi satu. Untuk mobil matic, dapat pindah ke L atau`satu`. Hal tersebut diperlukan karena beban mobil menjadi lebih berat saat menerjang banjir.

 

 

3. Anda tidak perlu resah ketika knalpot kemasukan air. Karena knalpot tidak akan bisa kemasukan air selama mesin tetap menyala.

 

 

4. Dari pada mencemaskan knalpot, Anda seharusnya lebih mencemaskan filter udara di ruang mesin. Bagian tersebut lebih rentan membuat mobil Anda mogok saat menerjang banjir.

 

5. Jika memungkinkan, hindari berhenti di tengah-tengah banjir. Karena ketika mobil berhenti, permukaan air akan naik di ruang mesin.

 

 

6. Pada dasarnya, mobil dengan mesin diesel lebih aman untuk menerjang banjir jika dibandingkan dengan mobil dengan bahan bakar bensin. Hal tersebut karena disel lebih bersifat anti air atau waterproof.

 

7. Selalu siaga dan cermat. Tanpa disadari, yang membuat mobil Anda mogok justru terjangan ombak air berlebihan dari mobil di sebelah atau di depan Anda.

 

 

8. Setelah melewati genangan, jangan langsung tancap gas. Hal tersebut cukup berbahaya, karena kondisi rem masih sangat licin. Cara mengeringkan rem setelah melewati genangan, adalah dengan melakukan rem kecil berulang kali. Hingga rem terasa kembali menggigit.

 

 

9. Bagi mobil manual, usahakan menghindari menginjak kopling saat berada di tengah genangan banjir. Menginjak kopling di genangan dapat membuat air masuk ke transmisi. Sehingga berpotensi merusak transmisi karena oli bercampur dengan air.

 

10. Jika belum terbiasa dengan jalan yang dilewati saat banjir, usahakan jangan melintasi pinggir jalan. Mungkin saja ada selokan.

About iskasurabaya09

social blog
This entry was posted in ARTIKEL. Bookmark the permalink.