Asuransi

LIPUTAN  DISKUSI 26 MEI 13

Asuransi Dibutuhkan Tetapi Dapat Menjadi Momok Dalam Hidup Kita

Oleh : HENRY YUE S.E.

=========================

    HENRY IMG-20130526-00542 IMG-20130526-00541(1)Siapa yang tidak pernah mendengar atau bersinggungan dengan asuransi, tentu sangat jarang apalagi bagi kita yang hidup di kota-kota saat ini, mulai dari setiap pembelian barang ataupun sampai yang melalui “telemarketing” sekalipun.  Asuransi pun seolah-olah menjadi “momok” bagi kebanyakan orang, dan bereaksi langsung menolak ataupun menghindar bila mendengar kata tersebut. Mungkin karena berbagai macam alasan, semisal alasan teologis bahwa takdir manusia ditangan Tuhan. “Ngapain ikut asuransi? Bukankah itu berarti mendahului takdir Tuhan?” Memang benar, takdir manusia adalah kuasa Tuhan sepenuhnya.
Asuransi bukan untuk menentukan takdir karena itu sudah menjadi hak prerogatif Tuhan. Asuransi tidak bisa menghindarkan manusia dari musibah. Asuransi adalah bentuk ikhtiar manusia untuk meringankan dampak dari musibah yang mungkin dialami.  Selanjutnya Sebagian orang yang lain mungkin karena alasan pernah punya pengalaman buruk dengan asuransi, semisal gagal klaim. Pembayaran premi selalu lancar tanpa pernah tersendat, tiba saatnya pengajuan klaim, ada saja alasan yang mempersulit nasabah untuk mendapatkan haknya sepenuhnya.
Namun, bagi sebagian orang yang telah mengenal dan memahami pentingnya asuransi, mereka akan secara sadar untuk selalu menggunakan asuransi, sekali lagi bukan untuk menentukan nasib dan masa depannya, tapi sebuah usaha untuk memperbaiki masa depan. Mereka merasa mendapat jaminan dan ketenangan apabila sewaktu-waktu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, menghindari keterpurukan keuangan saat mengalami musibah atau kecelakaan.
Disinilah asuransi memainkan peran dan fungsinya sebagai penjamin kondisi keuangan agar tidak semakin terpuruk. Dengan mengasuransikan jiwa dan harta anda, maka semua kemungkinan buruk bisa ditanggulangi dengan segera, bukan untuk menghindari bencana, tapi mengatasi dampak dari bencana yang mungkin dialami.  Asuransi ibarat menabung, semakin rajin menabung, maka saat dibutuhkan sewaktu-waktu bisa digunakan untuk kebutuhan kita. Dan bila anda telah berasuransi maka kebutuhan yang melilit pun terasa semakin ringan.
Memilih perusahaan asuransi yang baik wajib bagi anda yang ingin berasuransi. Kemudahan prosedur, klaim yang tidak berbelit, dan kejelasan polis asuransi, adalah elemen mendasar yang harus diperhatikan bagi para calon nasabah. Jangan sampai adanya hal-hal yang tidak jelas menjadi bumerang dikemudian hari.
Pastikan bahwa perusahaan asuransi yang datang kepada calon nasabah adalah perusahaan asuransi yang kredibel, dengan track record yang baik, transparan, tidak mempersulit anda saat klaim, dan tentunya harus memiliki kemampuan finansial yang kuat. Bacalah dengan cermat polis yang diberikan agar anda tidak merasa dirugikan dan kapok untuk berasuransi. Jadi asuransi bukanlah menjadi “momok” lagi dikemudian hari tetapi dapat menjadi “Patner” anda dalam merancang masa depan keuangan keluarga anda.

About iskasurabaya09

social blog
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.