UCAPAN TERIMA KASIH

UCAPAN TERIMA KASIH

penganugerahan penghargaan cendikiawan kitab suci kepada dr.Kusuma Tirtahusada SpOG (K) 26 Juli 2012

Melalui FOKAT ini saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh pengurus ISKA basis Surabaya,
sebagai cendekiawan Kitab Suci. Saya sama sekali tidak menduga ada selipan acara pemberian penghargaan ini, karena sama
sekali tidak pernah dibahas di dalam rapat pengurus yang saya hadiri. Tampaknya pengurus sungguh pandai merahasiakannya.
Sebenarnya saya merasa agak risih menerima penghargaan ini,karena apa yang saya lakukan belum apa- an, baru sedikit saja .
Banyak tokoh yang lebih banyak karyanya dalam menggeluti Kitab Suci. Tapi saya sadari,ini merupakan satu langkah pengurus
ISKA basis Surabaya yang penting dan sangat berarti bagi kemajuan gerak langkah organisasi kedepan, serta dapat menjadi pendorong
bagi anggota ISKA maupun ORKA lainnya ,untuk lebih berdedikasi pada iman,ilmu,karya dan amal.
Keterlibatan saya dalam menekuni Alkitab,memang sudah sejak tahun 1970,ketika masih bertugas di kab. Pacitan,memimpin
ibadat sabda setiap minggu,karena misa diadakan sebulan sekali,oleh Romo dari paroki Ponorogo. Namun hanya “berani” mengutip
ayat dari keempat injil, K isah para rasul,Surat Rasul Paulus kepada umat di Roma,Korintus,Titik. Perjanjian Lama? Huhh
tebalnya ! Wahyu ? Sulitnya minta ampun! Tahun 1979 saya pindah ke Surabaya untuk melanjutkan studi spesialisasi. Tahun
1988 saya mempersiapkan S-3. Tiba-tiba pada tahun 1990 mendapat bisikan “ Batalkan rencana S-3 mu, tekuni Alkitab”. Setelah
mempertimbangkan, saya putuskan mengikuti bisikan itu. Nah bukan kebetulan kalau pada tahun itu ISKA Cab. Surabaya mengadakan
Kursus Ketahanan Iman (SUSTAMAN),yang dibina oleh, Rm John Tondowidjojo CM. Bukan juga suatu kebetulan kalau
Mgr. A.J. Dibjokarjono Pr mengizinkan saya untuk mengikuti Seminar Akhir Zaman I yang diadakan oleh Pdt.Yusuf B.S. dr
(teman seangkatan) yang dikhususkan bagi para pendeta saja pada tahun 1991 juga didaftarkan untuk mengikuti kursus kilat
“Misi Evangelisasi” yang diselenggarakan di Pacet, dengan pengajar Rm. L. Sugiri SJ. Semua ini pasti bukan kebetulan, melainkan
penyelenggaraan Ilahi. Ini menjadi cikal bakal,awal keterlibatan saya menekuni Alkitab. Lebih-lebih setelah terlibat dalam
pengurusan dan pengajar pada SEP (Sentra Evangelisasi Pribadi), mau tidak mau harus banyak baca, khususnya Alkitab,untuk
bisa membantu menjawab pertanyaan umat. Sayapun merasa banyak dibantu oleh Drs Frans Iskandar Ak. Selaku Redaktur
Buletin ISKA tahun 1990-an,yang memuat tulisan mengenai “Akhir Zaman” sebanyak sepuluh seri, sejak tahun 1991 s/d 1994.
Yah dari ISKA untuk ISKA.
Dengan bekal yang terbatas itulah saya memberanikan menerbitkan buku
“ Yoel 2: 28 – 32, dasar Alkitabiah Pembaharuan Karismatik.”(1993)”,
Tahun 2012 kiamat? Pasti tidak!Tunggu sabat ke – 70” (2011),
terakhir “Yesus manusia biasa? Yesus Malaikat?! Kasihaaan deh!!”(2012).
Semua bukan dimaksud sebagai telaah teologi,Karena memang saya bukan lulusan sekolah teologi.
Sekedar berbagi pengalaman iman saja, khususnya menjawab tulisan-tulisan yang meresahkan umat.
Semoga ISKA memelihara terus perannya sebagai forum pengkajian masalah aktual yang meresahkan
banyak orang.
Salam dari dr. P.Y.Kusuma T. SpOG (K)

About iskasurabaya09

social blog
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

