SURAT GEMBALA Natal 2011

(Surat Gembala ini dibacakan di seluruh gereja dan kapel di wi/ayah Keuskupan Surabaya pada perayaan Natal atau Tahun Baru, sebelum homili)

Saudara-saudari kaum beriman, para pengurus DPP-BGKP, Imam, Biarawan Biarawati, Katekis, seluruh insan pemerhati pastoral dan kelompokkelompok kategorial serta seluruh Umat Allah di· wilayah Keuskupan . Surabaya yang saya cintai, kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus dalam persekutuan Roh Kudus menyertai Anda sekalian.

Kita bersyukur,

Pertama, kita telah melewati dua tahun mengusahakan perwujudan Ardas.

Saya merasa gembira yang mendalam atas semangat persekutuan yang terbangun selama dua tahun ini. Kegembiraan yang sungguh memberi pengharapan untuk tercapainya hidup yang berkelimpahan bagi seluruh Keuskupan Surabaya.

Kedua, saya telah menyelesaikan kunjungan pastoral ke seluruh paroki dan mendapat kesan dan tanggapan positif dari pengurus OPP-BGKP, bahwa:

1. Anda telah berupaya sungguh-sungguh menyambut kunjungan kami sebagai peristiwa iman dan gerejani.

2. Anda telah berupaya sungguh-sungguh mewujudkan cita-cita Ardas.

3. Di sebagian besar paroki, seksi-seksi dan kelompok Umat telah berupaya mewujudkan prioritas program dan menjiwai nilai-nilainya, meski menurut pendapat saya, hal tersebut masih perlu lebih ditingkatkan.

Kita baru meJewati tahun 2011 sebagal Tahun Anak dan Katekese. Pada tahun 2012 ini, kita mencanan.gkan sebagai Tahun Remaja dan Liturgi. Masa remaja merupakan masa ktitis bagi perkembangan jiwa dan iman generasi muda Gereja. Di tengah arus jaman yang memprihatinkan ini, Gereja tertantang untuk tanggap terhadap dinamika remaja. Kita terpanggil memberikan perhatian dan pendampingan yang serius agar para remaja kita mampu mengenali diri dan Iingkungannya sebagai orang beriman. Para remaja diharapkan mampu menjawab panggilan hidupnya secara bertanggungjawab. Untuk itu, mari kita tingkatkan kuantitas dan kualitas para pendamping remaja.

Sebagai orang Katolik, kita menghidupi, mendoakan dan merayakan seluruh rahasia keselamatan llahi dalam Liturgi Suci. Ditengarai, bahwa pengetahuan dan praktek yang benar dalam berliturgi dikalangan umat, petugas dan para pelayan masih dirasa kurang. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang akan dilakukan, yaitu:

a.   Konggres Ekaristi yang akan diadakan di Poh Sarang pada tanggal 24 Juni 2012.

b.  Selama satu tahun di setiap Ekaristi Minggu, baik di paroki maupun stasi dan kapel di seluruh Keuskupan Surabaya, diadakan katekese . pra-misa tentang Liturgi Ekaristi. Demikian juga sebelum Ibadat Sabda tanpa Imam.

c.   Retret dan Hari Studi bagi para Imam bertemakan tentang Ekaristi dan Liturgi.

d.  Sesuai dengan mandat Ardas, di setiap paroki hendaknya ditingkatkan pembinaan dan katekese Iiturgi bagi seluruh umat, petugas dan pelayan.

Dengan demikian liturgi makin dipraktekkan dan dihayati secara benar sehingga rahmat keselamatan Kristus makin berbuah dan berlimpah.

Seraya menyatukan diri dengan sukacita Bunda Maria, kit a memohon perlindungannya bagi perjalanan kita sebagai persekutuan murid-murid Kristus yang semakin dewasa dalam iman, guyub, penuh pelayanan dan missioner.

Akhir kata, saya mengucapkan Selamat Natal 2011 dan Tahuri Baru 2012.

Kasih karunia Tuhan melimpah bagi Anda sekalian.

Surabaya,  24 Desember 2011

Berkat Tuhan,

 

 

Msgr. Vincentius Sutikno Wisaksono

Uskup Keuskupan Surabaya

 

About iskasurabaya09

social blog
This entry was posted in ARTIKEL and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s