Musyawarah ISKA Basis

Musyawarah ISKA Basis (MIB)

Kepada Ytk Iskawan/Iskawati, salam damai sejahtera ……

Tanpa terasa tiga tahun sudah masa bakti kepengurusan ISKA Basis Surabaya yang diketuai oleh sdr Rinus Pantouw, S.H., MKn. Sesuai amanat Anggaran Dasar ISKA Pasal 11 (2) huruf c yang berbunyi “Pengurus Basis dipilih untuk masa bakti 3 tahun melalui musyawarah ISKA Basis.” Maka sudah saatnya pengurus yang masa bakti kepengurusannya telah berakhir menyelenggarakan Musyawarah ISKA Basis (MIB) untuk memilih kepengurusan yang baru. Hal ini sesuai dengan tugas pengurus yang diatur dalam Pasal 19 huruf a Anggaran Rumah Tangga (ART)ISKA.

Sekilas tentang Musyawarah ISKA Basis (MIB)

ISKA merupakan organisasi kemasyarakatan yang terdiri dari tiga tingkat struktur organisasi yaitu Pusat, Daerah dan Basis (vide Pasal 10 AD ISKA). Masing-masing tingkatan struktur organisasi mempunyai organ pengurus yaitu :

– Tingkat Pusat, organ pengurusnya disebut Presidium yang terdiri atas sekurang-kurangnya (Ketua Presidium, Sekretaris Jenderal, Wakil Sekretaris Jenderal, Anggota Presidium, Bendahara, Wakil Bendahara dan Sekretaris-sekretaris Bidang); dipilih melalui forum yang disebut Musyawarah Umum Warga ISKA (MUW), yang dihadiri oleh para wakil dari sekurang-kurangnya lebih dari separuh jumlah Basis yang ada di seluruh Indonesia (vide Pasal 18 huruf a ART ISKA).

– Tingkat Daerah, organ pengurusnya disebut Koordinator Daerah yang terdiri atas sekurang-kurangnya (Ketua, Sekretaris dan Bendahara); dipilih melalui forum yang disebut Musyawarah Daerah (MUSDA), yang dihadiri oleh para wakil dari basis- basis yang ada di daerah (vide pasal 11 ayat 2 huruf b AD ISKA).

– Tingkat Basis, organ pengurusnya disebut Pengurus Basis yang terdiri atas sekurang-kurangnya (Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Ketua-ketua Bidang, Bendahara dan Wakil Bendahara; dipilih melalui forum yang disebut Musyawarah ISKA Basis (MIB), yang dihadiri oleh sekurang-kurangnya lebih dari separuh anggota basis (vide Pasal 19 huruf b ART ISKA).

Apa Itu MUSYAWARAH ISKA BASIS?

MIB adalah forum untuk memilih Pengurus Basis dan menerima/menolak pertanggungjawaban Pengurus Basis ketika masa bakti kepengurusan berakhir.(vide Pasal 11 ayat 2 huruf c jo. ayat 3 huruf h AD ISKA).

Dalam tata urutan/tingkatan keputusan/ketetapan/ kebijakan organisasi (vide Pasal 22 AD ISKA), keputusan MIB merupakan urutan ke lima setelah MUW, AD/ART, Kebijaksanaan Umum MUW dan Ketetapan Presidium, dimana keputusan yang lebih rendah tidak boleh bertentangan dengan yang diatasnya.

Siapa yang menyelenggarakan MIB?

MIB diselenggarakan oleh pengurus ISKA Basis yang masa bakti kepengurusannya telah berakhir (vide Pasal 19 huruf a ART ISKA).

Berdasarkan ketetapan pengurus ISKA Basis Surabaya yang dibuat dalam rapat pengurus pada hari minggu tanggal 20 Maret, maka MIB akan diadakan pada bulan Mei 2011. Mohon partisipasi anggota agar musyawarah Basis dapat terselenggara dengan baik sesuai Pasal 19 huruf b yang berbunyi “Musyawarah Basis dianggap sah apabila dihadiri oleh sekurang-kurangnya lebih dari separuh anggotanya”. Dan tidak kalah penting, bagi anggota yang terpanggil untuk melayani dan memajukan organisasi ISKA Basis Surabaya. Hak anda dijamin dalam Pasal 8 (2) yang berbunyi “Setiap anggota biasa mempunyai hak suara serta hak dipilih dan memilih untuk memangku jabatan kepengurusan anggota”. Nah ….. tunggu apalagi,karena Yesus telah bersabda “Tuaian masih banyak tapi pekerjanya masih sedikit.”

About iskasurabaya09

social blog
This entry was posted in ARTIKEL and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s