Kreatifitas Menghasilkan Ide

Kreatifitas Menghasilkan Ide

Dalam keadaan terburu-buru, sering kali kita salah mengambil pasangan kaos kaki. Warna mungkin sama terang, tapi begitu diteliti motifnya berbeda. Kejadian itu bisa memalukan dan tak tertutup kemungkinan jadi bahan olok-olok.

Tetapi, ternyata, itu bisa jadi ide bisnis yang brilian. Mari kita lihat pengalaman dua sekawan ini. Suatu ketika Arielle Eckstut dan Jonah Staw makan malam di suatu kesempatan pada tahun 2003. Habis makan mereka bergurau. Menjelang pulang, Staw kehilangan sebelah kaos kakinya (karena selama makan mereka melepas kaos kaki). Namun ia menemukan kaos kaki lain yang berbeda motif. Lama mereka mencari ke mana kaos kaki Staw perginya, namun tak juga ketemu. Satusatunya solusi adalah memakai kaos kaki itu walaupun motifnya beda.

Sampai di rumah Staw masih memikirkan kaos kaki yang berbeda motif itu. Ia malah

membayangkan seorang gadis kecil memakai kaos kaki berbeda motif kiri-kanan dengan gayanya.

“Ini soal kreatifitas, bukan soal no matching dan lucunya kombinasi itu,” ujarnya.

 

Dari situlah ide memasarkan missmatched socks (kaos kaki kirikanan beda) muncul. Lalu bersama seorang teman lainnya, Jason Dorf, ketiganya merealisasikan ide itu dengan mendirikan LittleMissMatched. Melalui perusahaan ini mereka menjual kaos

kaki dalam kemasan 3 kaos kaki (bukan sepasang) dan kemasan 7 kaos kaki sehingga memudahkan pembeli mengganti-ganti pasangannya kala memakainya. Pada saat itu mereka sudah membuat 134 desain. Mereka memasarkan kaos kaki itu untuk anak

perempuan usia 8 -14 tahun.

 

Pada tahun pertama, kaos kaki dagangan mereka terjual laris manis. Staw bersama Eckstut dan Dorf bahkan bisa membukukan omset hingga 5 juta dollar AS. Tiga tahun kemudian omsetnya bisa mencapai 25 juta dolar AS. Sekarang, mereka tak hanya menjual kaos kaki. Mereka sudah menjual aneka produk mulai dari kaos kaki, sandal, hingga sprei. Sekarang barang-barangnya tersebar di lebih 3000 outlet di Amerika Serikat.

 

Siapa sangka, kaos kaki tertukar bisa menghasilkan bisnis besar?

Kreatifitas adalah kuncinya. Dalam menjalankan apa pun termasuk dalam proses bisnis, manufacture atau non manufacture kreatifitas diperlukan karena dapat menghasilkan ide untuk menjalankan, mempertahankan, dan meningkatkan performance kerja.

Lalu, kenapa kreatifitas karyawan di tempat kerja seakan tidak ada?

Bisa jadi bukan tidak ada, tetapi tidak tahu bagaimana merangsang dan memunculkan kreatifitas para karyawan. Dalam Business Process Improvement dikenal 8 Waste yang menyebabkan ketidakefisienan di perusahaan, salah satunya adalah kreatifitas karyawan yang tidak bisa ditampung dan diberdayakan.

Selamat memunculkan kreatifitas untuk meningkatkan performance kerja … !!

About iskasurabaya09

social blog
This entry was posted in ARTIKEL and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s