valentine

Tradisi Valentine Dari Seluruh Dunia

KapanLagi.com – Merayakan hari valentine atau hari kasih sayang, semua orang memiliki caranya sendiri-sendiri. Tentu saja di setiap negara di belahan dunia memiliki tradisi masing-masing dalam merayakan hari istimewa ini. Seperti misalnya di Amerika, orang-orang lebih senang merayakan hari kasih sayang dengan memberikan kartu berhias. Di Spanyol tradisi valentine dirayakan dengan saling bertukar hadiah. Mari kita lihat, bagaimana tradisi valentine di rayakan di belahan bumi lain.

Hari Valentine di Amerika
Di Amerika perayaan valentine ditandai dengan saling bertukar kartu. Ada banyak jenis kartu yang diberikan saat perayaan hari kasih sayang selama bertahun-tahun. Bukan hanya kartu-kartu berhias indah dan berisi kata-kata cinta, tapi juga yang berisi humor-humor kejam. Tak jarang orang-orang berkreasi sendiri membuat kartu valentine untuk diberikan pada orang-orang tercinta.

Hari Valentine di Austria
Di Austria ada sebuah tradisi masa perkenalan, yang mungkin sama artinya dengan hari valentine. Di acara ini para muda mudi menunjukkan cinta mereka dengan memberikan bunga untuk menandai hari valentine.

Hari Valentine di Inggris
Di Inggris dapat ditemukan berbagai versi kisah cinta yang diungkapkan untuk menyambut hari valentine. Di negeri ini saat hari valentine tiba majalah-majalah akan menerbitkan soneta dan puisi untuk memperingatinya.

Hari Valentine di Denmark
Di negeri ini orang-orang membuat puisi dan memberikan permen snowdrop untuk menyambut valentine. Di Denmark orang tidak akan mengirimkan tulisan bernuansa cinta untuk menandai valentine tapi tulisan lucu yang disebut gaekkebrev, surat lelucon. Pengirim gaekkebrev menuliskan nama si pengirim dengan titik-titik. Dan si penerima akan menduga-duga siapa pengirimnya. Lalu pengirim akan mendapatkan telur di saat perayaan paskah, sebagai balasannya.

Hari Valentine di Perancis
Di Perancis ada sebuah tradisi unik di hari valentine. Para lanjang masuk rumah dan saling berhadapan dan mulai saling memanggil dari satu jendela ke jendela lainnya dan berpasangan dengan seseorang yang mereka pilih. Jika seorang pria tidak menyukai pasangannya dia akan meninggalkan wanita ini. Selanjutnya ada acara api unggun di mana wanita yang ditinggalkan akan membakar foto pria ini dan meneriakkan makiannya. Karena acara ini membutuhkan banyak ruang dan kadang disalahgunakan, pemerintah Perancis menetapkan tidak ada lagi acara memanggil pasangan valentine.
Di negeri ini juga ada tradisi mengirimkan kartu yang disebut cartes d’amities yang berisi pesan-pesan indah.

Hari Valentine di Jerman
Di Jerman ada tradisi bagi pria muda dan kekasihnya untuk saling menunjukkan kasih sayang mereka dengan mengirim bunga di hari valentine. Biasanya juga disertai dengan kartu berisi kata-kata indah. Pria-pria Jerman juga memberikan bunga mawar, cokelat dan lain-lainnya sebagai hadiah valentine untuk istrinya.

Hari Valentine di Italia
Di Italia hari valentine dirayakan sebagai bagian dari Festival Musim Semi dan digelar di tempat terbuka. Kaum muda berkumpul di lapangan berbunga atau ornamen taman, di mana mereka mendengarkan musik dan pembacaan puisi. Lalu mereka jalan-jalan dengan pasangan valentine-nya berduaan di taman. Tapi sayang, tradisi ini sudah tidak dilakukan lagi selama beberapa abad.
Di Turin, salah satu kota di Italia ada sebuah tradisi di mana pasangan yang bertunangan mengumumkan pertunangan mereka di hari valentine.

Hari Valentine di Roma
Di Roma hari valentine dinamakan Lupercalia, di hari ini jadi saat yang sangat romantis dan menyenangkan bagus sepasang kekasih.

Hari Valentine di Skotlandia
Di Skotlandia perayaan hari valentine dilakukan dengan sebuah festival. Di festival ini dihadiri sejumlah remaja pria dan wanita yang belum menikah , di mana masing-masing menuliskan nama di kertas kecil, lalu menggulungnya. Kertas itu dikumpulkan di dua topi, satu untuk pria dan satu untuk wanita. Dan tiap orang mengambil satu-satu. Setelah menemukan pasangan, semua diminta tetap pada pasangan yang telah didapat, meski mungkin mereka tidak merasa cocok.
Ada tradisi lain di Skotlandia di hari valentine, di mana menemukan pasangan valentine dengan pria atau wanita lajang yang pertama kali berjalan di sampingnya di jalan umum, atau di manapun.

Hari Valentine di Spanyol
Di Spanyol ada tradisi di mana pasangan saling bertukar hadiah dan untuk para suami mengirimi istri mereka sebuket bunga.

Hari Valentine di Indonesia
Mayoritas dirayakan oleh remaja dan kaum muda, namun ada juga kelompok remaja di kota Malang yang menentang tradisi ini .
(kpl/erl)

sumber : http://www.kapanlagi.com/a/old/tradisi-valentine-dari-seluruh-dunia.html

About iskasurabaya09

social blog
This entry was posted in ARTIKEL, fokat FEBRUARI 2011 and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s