romo tondo

Harian SURYA– SABTU, 10 Oktober 2009

NASIONALISME ROMO TONDO

SURABAYA – SURYAP1030867
Perayaan Ultah ke 75 Prof John Tondowidjojo CM atau yang dikenal dehgan panggilan Romo Tondo berlangsung meriah. Nuansa nasionalisme tergambar pada pentas seni 10 SD Katolik (SDK) dalam acara Gebyar Tresno Budoyo.
Pesta ultah ini dihadiri sekitar 700 orang, baik undangan maupun anak-anak yang mengisi acara. Meriah karena romo satu ini memang dikenal sebagai imam Katolik yang aktif menyumbangkan pemikiran bagi m,asyarakat)-temtama dalam .bidang sosial budaya.
“Momen ulang-tahun hanya sarana saja. Saya ingin membuat acara untuk memupuk kecintaan terhadap seni budaya bangsa,” jelas Tondo, Jumat (9/10).
Romo kelahiran 31 Maret ini telah 46 tahun mengabdikan dirt sebagai imam. GebyarTresno Budoyo, katanya, diikuti tim pilihan dari 10 SDK di Surabaya. “Sebelumnya sudah diseleksi. Hasilnya, the best 10 SDK yang tampil,” jelasnya.
Selain kecintaan terhadap seni dan budaya bangsa, kata Tondo, acara ini juga bertujuan melatih kemampuan anak-anak di bidang seni pertunjukan, termasuk olahvokal, teater, master of ceremony (MC), dan event organizer
“Anak-anak juga harus bisa belajar menjadi MC karena di mana-mana banyak acara membutuhkan MC,” kata Guru Besar F1SIP Universitas Bhayangkara Surabaya itu.
Memberi contoh peran EO, Romo yang melayani Baroki . Kristus Raja wilayah Eduardus Surabaya itu menggelar gebyar seni ini hanya dengan mengerahkan lima orang di tim inti.
Penampilan anak-anak SD ini dilombakan dengan hadiah bagi para pemenang. Untuk itu, Tondo melibatkan para juri dari kalangan profesional, antara lain Subiyanto, dosen Unesa, Hendro seniman musik dari Sidoarjo, Maria Widowati guru kesenian di Surabaya, serta seniman Fransiska dan Marian.
“Romo Tondo memang sangat memperhatikan seni dan budaya serta nasionalisme anak-anakmuda. Acara digelar untuk kelompok siswa tingkat SD agar nasionalisme ditanamkan sejak dini,” jelas Joko, undangan.

About iskasurabaya09

social blog
This entry was posted in ARTIKEL, fokat oktober 09. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s